Ringkasan Khotbah

 

Nats Pembimbing : Ibrani 4:12

Pendahuluan : 

Tuhan memberikan kepada kita sumber daya rohani, untuk mempertahankan kemenangan secara rohani melawan Iblis.

kenapa Tuhan memberikan kita perlengkapan senjata Allah ? karena Tuhan ingin kita semua yg beriman pada-Nya tetap teguh, tetap kuat, mempertahankan kemenangan yang Tuhan Yesus telah berikan kepada kita.

secara hukum maupun pengakuan Yesus sudah menang melalui kematiannya di atas kayu salib, dan Dia yang memberi kemenangan itu ingin kita menikmati dan mengalami kemenangan itu, serta mempertahankannya,

itu berarti Tuhan Yesus tidak ingin kita semua orang yg beriman ini, pergi keluar untuk menciptakan kemenangan, karena Tuhan Yesus sudah memberikan kemenangan, yang Tuhan Yesus inginkan bagi kita adalah DIA ingin kita tetap teguh, kuat dan kokoh, sebagaimana yg di katakan oleh ayat 10-14 “, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya” 

dan jika kita perhatikan sampai ayat 14 di sana di ulangi berkali-kali kata “histemi” standfirm, dan sinonimnya, “endunamo” – be strong — 

sederhananya : 

Paulus sedang bilang kepada kita, engkau tidak sedang berperang untuk menciptakan kemenangan melainkan engkau berperang dari kemenangan,

kita tidak sedang meraih sesuatu yg belum kita dapat, melainkan kita berjuang untuk mempertahankan apa yang sudah kita miliki.

itu sebab pastikan diri anda memiliki semua perlengkapan yg di butuhkan untuk peperangan tersebut, berikat pinggangkan kebenaran, berbaju jirahkan keadilan, kasutkan kerelan, perisaikan iman, ketopong keselamatan, dan jangan lupa dalam bagian terakhir dalam ayat 17 di katakan, “pedang roh yaitu Firman Allah” 

Paulus katakan “ambillah” pedang roh….! yaitu Firman Allah ! kalimat ini sangat penting karena ; hanya bagian ini yg menunjukkan satu-satunya perlengkapan senjata yg di pergunakan untuk menyerang,

Paulus katakan pedang roh…! itu adalah alat yg roh Kudus gunakan, tetapi perhatikan di juga bahwa…! itulah alat satu-satunya yg di gunakan roh Kudus…!

itulah alat ofensif dari pada roh Kudus, merupakan alat yang DIA gunakan dalam dunia rohani, untuk menyelesaikan apa yang terjadi di dalam dunia nyata, apa yg kita hadapi..!

apa itu pedang roh ? yaitu Firman Allah.

 

sederhananya : Paulus sedang mengatakan bahwa Roh Kudus memiliki alat yang biasa Dia gunakan yang di sebut pedang, yg DIA telah berikan kepada kita untuk di gunakan dalam pertempuran,

Roh itu adalah Pedang, dan sekarang ada di tangan kita untuk di gunakan, dan DIA katakan bahwa ini adalah Firman Allah.

bicara mengenai Firman Allah, supaya kita dapat mudah mengerti bagaimana cara kerja dan maksud Paulus ini, dan supaya kita bisa menggunakannya dengan tepat, maka kita perlu terlebih dahulu memahami bahwa dalam Alkitab 3 kata mengenai Firman Allah yaitu ;

1. Graphe : adalah bahasa Yunani untuk sebuah tulisan, jadi graphe artinya writings – tulisan ; firman Allah di sebut dalam Alkitab dengan istilah graphe, yaitu Alkitab (firman Allah dalam bentuk tertulis)

Paulus mengatakan bahwa ambillah pedang roh yaitu Firman Allah tetapi bukan graphe……!!!!

itulah yg terjadi jika anda lihat realita praktek masa kini: ayat suci jadi lawan setan…!!! Alkitab jadi bantal supaya gak mimpi buruk, taruh di mobil supaya jadi jimat, karena banyak orang menggunaan Firman (graphe) sebagai jimat….!!

2. Logos : kata ini lebih jauh lebih dalam daripada kata graphe, logos adalah “ISI” / PESAN utama dari graphe,

Alkitab tetap Alkitab anda baca atau tidak, isinya Alkitab (graphe) itu adalah logos…..sehingga waktu kita semua datang ke gereja, dan dengar khotbah, dan kita mengerti bagian Firman Tuhan yang kita baca (graphe), maka anda sedang mengalami “logos” karena anda sekarang sedang dapat pesannya….!!! isi dan pesan utamanya, dari graphe.

logos ini begitu berkuasanya karena sejak awal ada logos “padamulanya adalah Firman….Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah…

jadi pesan itu adalah Tuhan yg berbicara kepada kita semua.

tetapi bukan kata logos yg di gunakan paulus dalam ayat 17 ini !

3. Rhema : dalam bahasa yunani artinya “ucapan” / kata yg di ucapkan, atau di deklarasikan, di nyatakan, apa itu ? deklarasi dari logos yg kita terima dari graphe, 

graphe adalah kitab (tulisan) – logos adalah pesan – rhema adalah ucapan/pesan yg berbicara,  

Ilustrasi : anda bisa memiliki pabrik percetakan Alkitab, tetapi tidak punya pedang roh yaitu firman Allah. 

Pedang yg di gunakna oleh roh, adalah rhema Allah (ucapan Allah)…!

sekali lagi ;

graphe (Alkitab) memberi kita logos (pesan) – tetapi rhema lah yang menikam dan menumpahkan darah (pedang). itulah rhema yang di gunakan oleh Roh Kudus.

itu berarti di dalam peperangan rohani, dalam kehidupan yang sudah di berikan kemenangan ini kita membutuhkan lebih daripada graphe dan logos, kita membutuhkan Rhema—–ucapan Allah.

jadi jika kita bicara mengenai pedang roh, kita bicara pedang yang hidup, yg memiliki  kuasa, dan kemampuan yg luar biasa tidak terbayangkan…karena di katakan bahwa dalam Ibrani 4:12 “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita”

Kenapa kita perlu di beritahu bahwa Firman Allah itu dapat memisahkan jiwa dan roh ?

karena jiwa dan roh adalah dunia yang tidak kelihatan, yang kelihatan kan fisik atau tubuh ya…!  yang tidak kelihatan dimana kita hidup hidup ini, yaitu personality (kepribadian) anda, yaitu Roh Allah yang diam di dalam anda.

Firman Tuhan katakan bahwa begitu tajamnya sehingga mampu memotong realitas yang tidak kelihatan sampai memisahkan roh dan jiwa.

kenapa Tuhan mau menggunakan logos (pesan firman) untuk memisahkan roh dari jiwa kita ? karena jiwa anda menghalangi roh, atau yang lebih sederhana lagi, personality (kepribadian/jiwa anda/bagaimana anda di bentuk dan di besarkan olehnya ; termasuk, orientasi kita, pikiran kita, cara pandang kita) terus menerus menghalangi Allah sehingga  Tuhan dengan firman-Nya (logos) itu memotong jiwa itu sehingga roh bisa menembus jiwa anda,

jiwa kita begitu terjalin dengan Roh Allah sehingga tidak jarang kita selalu menghalangi Roh Allah bekerja dalam diri kita, logos Tuhan ingin menyentuh anda, untuk itu dia perlu potong, pinggirkan semua (jiwa) itu. dan satu-satunya yang bisa melakukan itu adalah pesan Firman Tuhan yaitu logos….!!! 

       sehingga waktu anda datang dan mendengar Firman Allah, mendengar pesan Firman Allah (logos) lalu kemudian anda merasa terang, dan mengerti, bahwa yang anda mengerti dan yang Tuhan mau anda mengerti tidak sama, nah waktu itu anda sedang di potong oleh (logos) Tuhan. waktu itulah roh menembus jiwa anda….!!!

waktu anda datang dan mendengar Firman Tuhan dan kemudian mengerti bahwa cara pandang orang tua yang di ajarkan kepada anda, tidak cocok dengan apa yg di inginkan Tuhan, dan anda menjdi terang dan mengerti maka waktu itulah roh menembus jiwa anda.

jadi logos tidak hanya menyerang apa yg sedang anda kerjakan melainkan juga menyerang apa yang sedang anda pikirkan. sebagaimana yang di katakan oleh Ibrani 4:12b tadi “….ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita” 

jadi saat di beri pesan, dan anda menerima pesan itu, maka anda memiliki pengertian,  lalu apa yang terjadi ? 

pedang roh yaitu rhema Allah ! kemudian dia bicara mengenai rhema, ucapannya, kegunaannya, “the use of the message”

waktu anda menarik rhema, maka anda sedang menarik keluar Roh Kudus, karena pedang itu adalah pedang roh.

waktu anda menarik rhema yaitu waktu firman yang anda miliki menjadi logos/pesan yang anda gunakan dalam peperangan.

Paulus katakan pedang roh yaitu ucapan logos Allah, yang anda dapat dari graphe

contoh : 

waktu anda membaca firman kemudian mengerti pesan dan isinya, dan gunakan pesan yang anda mengerti itu sebagai alat untuk melawan musuh dalam peperangan anda, maka musuh anda tidak akan mampu bertahan melawan anda !

anda baca Alkitab, ngerti, waktu anda masuk di medan perang iblis buat anda melakukan apa yang di lawan firman yang anda mengerti, dan anda melawan iblis dengan menggunakan firman itu, maka anda menang.

masih ingat Matius 4:3 “Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “karena  Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.” 

karena Iblis tahu siapa Yesus, sehingga dia bilang, perintahkan batu ini jadi roti.

memang itu kebutuhan Tuhan Yesus sebagaimana di ayat 2 bukan ?

jadi dimana iblis ketemu dengan Tuhan Yesus ? iblis ketemu Tuhan Yesus di dalam masalah dan kebutuhan yang sedang Dia hadapi, dan Yesus mengatakan apa ?

apakah Tuhan Yesus diskusi sampai berjam-jam ? tawar menawar ? TIDAK, justru Yesus mengatakan ;

ayat 4 “Ada tertulis (graphe): Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman (rhema) yang keluar dari mulut Allah.”

jangan lupa Alkitab katakan Yesus itu firman yg hidup kan ? nah…jika firman yg hidup itu saja masih butuh menggunakan firman yang tertulis (graphe) untuk menghadapi masalah dan musuh dari Firman, maka apalgi mestinya kita semua yang tidak menulis satupun firman,  perlu menggunakan Firman yg sama, untuk melawan musuh dari firman itu.

sederhannya : apa yang membuat kita lebih baik dari Tuhan Yesus, sehingga kita merasa bsia berperang sendirian, dengan apa yang anda pikirkan, anda punya kemampuan Tuhan Yesus aja sang firman yang hidup, tidak menggunkan kemampuan berpikirnya, melainkan masih menggunakan Firman tertulis,

tetapi perhatikan, waktu Tuhan Yesus memberitahu firmna yang tertulis (graphe) Tuhan Yesus mengatakannya sesuai dengan logos (isi atau pesan) dari graphe,

jadi Tuhan Yesus lapar, lalu iblis bilang aku punya solusi untuk itu…! lalu Tuhan Yesus mulai otaknya memanggil data mengenai “makan” dari memori graphe, dan dapat logos, dari Ulangan 8:3 “Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN” 

  ingat ya Tuhan memenuhi kebutuhan (masalah) mereka dengan cara supernatural (cara Allah dari atas), sementara iblis berusaha menyelesaikan masalah melalui cara setan,

Allah menyelesaikan masalah dengan cara-Nya, begitu juga Iblis menawarkan caranya, dan keduanya menawarkan cara yang bisa memenuhi kebutuhan daripada Tuhan Yesus,

tetapi masalahnya adalah bukan masalah saya….!!! melainkan siapa yang kasih anda solusi untuk mengatasinya?

nah Yesus mengatakan kepada iblis eh, nih biar aku kasih tahu kamu bagaimana Tuhan katakan mengenai keadaan yg ku alami ini….! ayat 4 (baca) nah waktu iblis dengar perkataan (rhema) mengenai apa yg tertulis, iblis gak mau dengar, maka iblis bawa Tuhan Yesus ke subjek yang lain, yaitu di bubungan bait suci……..apa kata Tuhan Yesus ?

lagi-lagi, “ada tertulis…..”  lalu iblis bawa lagi ke subyek yang lain di atas gunung yg tinggi, dan menawarkan semua kemuliaan dunia dan apa yg menjadi jawab Yesus ? sama ; “ada tertulis….”

terus berulang kata “iblis membawa-Nya” ……. tahukah anda bahwa kadang kala Tuhan mengijinkan iblis membawa anda ? dan anda di cobai oleh iblis !

dan waktu Tuhan Yesus mengatakan demikian ; apa yang terjadi, dalam Matius 4:11 di catat bahwa Iblis kemudian meninggalkan Yesus dan malaikat datang melayani DIA.

artinya apa ? iblis akan terus menggoda, berusaha menarik anda bahkan berkali-kali, tetapi jika anda tetap konsisten, tetap teguh, tetap stand firm, kokoh sebagaimana yang di katakan oleh Paulus terimalah, ambillah dan gunakanlah, rhema Allah. anda gunakan (secara konsisten dan kokoh) maka iblis tidak tahan lawan anda.

jadi kalo tanya kenapa iblis gak mau berhenti ganggu saya ? jawabannya karena anda tidak pernah mau menggunakan rhema dalam hidup anda ! anda tidak pernah mengatakan ada tertulis !

gimana mau bilang ada tertulis, kalo gak pernah pernah dapet (logos) ngerti isi pesan, gimana mau dapat logos kalo gak pernah baca graphe !!! 

itu sebab iblis gak pernah takut sama anda…! kalo begitu anda selalu kalah dan tidak pernah bisa mempertahankan kemenangan yang Tuhan sudah kasih bagi kita !

kesimpulan :

konsekwensi iman dari orang beriman adalah anda siap perang, oleh sebab itu ayo kembali lagi baca graphe, ambil logos dan gunakan rhema dalam hidup anda sehingga kemenangan yang Tuhan sudah berikan tetap bisa kita pertahankan.

ayo lebih banyak ambil waktu baca graphe daripada baca hape….!!! 

ayo lebih banyak berusaha mengerti kehendak Tuhan (logos) daripada minta Tuhan mengerti kita,

kiranya Tuhan menolong kita supaya kita tetap dapat mempertahankan kemenangan yg sudah Dia berikan kepada kita.